Monthly Archives: November 2011

maaf maaf maaf #plak

 

‘maaf, saya tau saya sudah approve sebelumnya, tapi bisakah kita ubah? tapi saya gak kepingin ada perubahan harga yaa Ca, karena ternyata… bla bla bla..’

‘maaf, sudah menunggu.. tadi kena macet, biasalah.. Jakarta, kayak gak tau aja jam segini dimana-mana macet.. makin hari makin nambah mobil tapi jalanan segitu-gitu aja, gak tau apa yang salah sama Jakarta, aku rasa si Foke itu harusnya… bla bla bla..’

‘maaf Ca, gw gak bawa hardisknya, padahal tadi malem udah gw siapin tuh, pertanda tua nih gw… duh, maaf nih, besok deh ya.. tapi lo bbm gw ingetin biar gw gak kelupaan lagi.. bla bla bla..’

Maaf, maaf, maaf… mungkin kalau sampai gw denger orang ngomong maaf sekali lagi ke gw, gw bakal dengan senang hati menghadiahkannya lemparan gelas cantik biar gaduh.

Betapa ringannya kata maaf itu berterbangan di sekeliling gw sejak kemarin, saking seringnya seakan-akan menjadi reaksi yang memang sudah seharusnya dimaklumi, menjadi reaksi paling aman (atau nyaman?) dari aksi yang telah dilakukan.

Tolong jangan jadikan gw kebal terhadap kata maaf. Walaupun gw juga gak suka kata maaf cuma keluar sekali setahun, hanya kalau sedang lebaran. Maaf memang bisa kapan saja terlontarkan, oleh siapa saja dan di mana saja dalam situasi apa pun, gw cuma gak suka kalau orang memanfaatkan kata maaf untuk hal-hal yang mereka sendiri tidak bersungguh-sungguh ingin orang memaafkan dirinya dengan tulus. Tanpa perlu memberi alasan lain sebagai kambing hitam hanya demi menjaga agar dirinya tetap resik dari rasa bersalah.

Berani berbuat salah, maka harus berani bertanggung jawab. Kata maaf tidak cukup dengan hanya berani mengatakannya saja.

Maaf, gw cuma sekedar curhat.

 

Photography – A Small Note to Share

by: Benny Asrul

 

Since I started a page in Facebook for my black and white photos, I’ve been getting messages, critics, feedback and ideas which I really appreciate them all. I didn’t expect anything rather than I’m happy to share my works here so we all can enjoy them. I also hope by seeing the photographs, we all can travel to other places through the pictures.

To answer some of the questions I’d like to share some of my view, feeling and experience on my journey taking photograph. It’s a constant reminder to myself too that we all never stop learning. I hope it would be useful for us.

 

Getting started

There’s always a start when we begin to do something, including photography. We need to start to learn, to have a camera to use (to borrow a camera is ok too), to start shooting and to start investing time, energy and also money. I started photography as a serious hobby when I studied in university. I was lucky to meet some photo enthusiasts who became my teachers and friends. The first SLR camera I used was a Ricoh camera that I borrowed from my aunt and my very first own camera was a Canon Eos 1000 – a beautiful present from my parents. I started taking pictures then.

 

Basic photography

Before we start taking photos, it’s always better to understand some basic principle and theory of photography. Some stuff like speed, aperture, composition, exposure, etc. Books, websites, friends, courses are good sources to learn and there are many of them. I enjoy reading photography books, browsing internet or learning from friends. I have friends who are expert in camera and lenses, friends who are very knowledgeable about photography theory, friends who know where to take nice pictures, or even friends who are not photographers but they have good eyes. Learn and learn.

 

Knowing your camera

Nowadays, we have too many choices of camera. Pick a camera that suits you well. Budget might always be the biggest constraint. However, the decision is yours. Whatever camera you use, try to explore, understand it and get to know it better. The best camera and lens are the ones that you have.

I started with a fully manual SLR that forced me to learn all the functions manually, not easy at the beginning but it pays well. Things got easier when I used an auto-focus SLR with auto-metering. When I started using medium format camera, I faced different set of challenges too. Each type of cameras has their own characteristic and uniqueness.

If you plan to travel with a new camera, I really encourage you to practice with it before the trip. I lost 3 rolls of film in Egypt, simply because I wasn’t too familiar how to place the film properly in a new rangefinder camera I just bought before the trip. The films didn’t roll inside the camera after 36 shots (each). It was an expensive and painful lesson for me.

 

Practice

This is the most important part in photography. All the theory will be less useful without any practice. Having a picture taken is the whole purpose of photography. Try to apply all the basic theory that we have learned before. Photography is all about practice and practice. And if we want to have the complete cycle of photography, we then must have the prints.

I myself prefer not to spend too much time reading books about photography, I’d rather go outside and taking pictures. Take pictures as many as you want and examine them. Find connection between the basic we’ve learnt and the actual result we had (ie the photos) and repeat the process, ie taking more pictures. This simple process will improve ourself and drive us to taking better photograph.

 

Plan ahead

Before we click the shutter, we should know what we are taking, what kind of picture we’re planning to have, what result we expect to appear. I understand that in digital era, we can just shoot whatever we like, as many as we want, look at the screen, delete what we don’t like and shoot again. I don’t know if this method works well, but if it does suit you, it’s ok.

I would rather go for quality than quantity. Think first, have proper preparation, check again, then press the shutter release. We should have had the picture we want to take in mind before pressing the button. If we use more than 1 type of camera, then we need to plan too on which camera is suitable for particular object or occasions.

When shooting with medium format camera, I will prepare the camera, the lens, the tripod, etc. Then I will compose the frame, do light-metering, and set the aperture and speed required. When everything is in order, it’s time to click the shutter or cable release. I call this, the ‘slow’ photography.

As for street photograph, I like to have a camera with aperture priority function so that I can just set the aperture required, compose and shoot. As long as the speed is manageable, I’ll continue to shoot. Otherwise I may need to reset the aperture. If aperture priority is unavailable, I will have to set aperture and speed manually. I personally love range finder 35 mm camera for my travel photographs. They’re for ‘fast’ photography.

 

Learning from our own mistake

Don’t be afraid to make mistakes, but of course not too often and not doing the same mistakes again and again. Our own mistake is the best teacher. We may forget the theory we read in books, but we hardly forget the mistakes we made when taking pictures. Sometimes, we can’t even forgive ourselves too.

I have countless frames with wrong exposure, bad composition or just simply not getting the result I expected. I had many roll of films that un-rolled, ie zero pictures for the whole 36 frames. That’s how I learnt photography, sometimes it’s very hard and harsh.

But it doesn’t mean that we need to always make mistakes, that’s not the objective. Learn from the mistake, try to understand why, and shoot again.

 

Sharing

Photos are for sharing, supposedly not for ourselves only. Sometime in year 1999, a friend of mine came to my place and saw my photos collection, he said I was kinda selfish since I never share them to other people. That triggered me to start sharing my works. I started writing travel articles (plus the photos) for some magazines in Jakarta, and I started to submit my photos to some competitions. I also started to upload my photos in some websites.

Nowadays, there are many websites for photo-sharing. People see and click on our photos. They give comments, good or bad – they’re always feedback for us. We learn from other people’s comments too.

Whatever it is, photography is a very subjective matter. A good photo for us may be bad for others, or vice versa. Keep our mind open and be receptive.

Whenever people ask me “what is a good photograph?”, my answer is “If you like it, then it’s a good photograph”.

Singapore, June 2009

*well noted, mas Benny.. thanks for letting me to put the note here.

antara gaplek, tempe bongkrek, srintil, rasus dan kita

 

Hanya ada satu pilihan film yang wajib buat ditonton saat ini, yaitu Sang Penari.

Bukan, bukan karena pada dasarnya gw suka nari, tapi memang film Sang Penari mampu memaparkan bagaimana pergulatan batin karakter utamanya di tengah situasi kondisi sosial, budaya dan politik yang terjadi.

Film yang bagus. Bukan hanya bagus dari sisi sinematografi, ah yaaa.. ada Mas Yadi Sugandi yang bertanggung jawab di balik kameranya, sebuah nama besar yang gw tau ketika nyemplung pertama kali di industry periklanan dan sudah menjadi jaminan nama untuk sebuah kualitas gambar bergerak yang indah.

Film yang bagus, karena buat gw film ini sanggup memberikan gambaran akan evolusi jaman.

Sebelum menonton film ini, gw sempet baca sebuah re-tweet dari @budimandjatmiko.

“ Cinta & Revolusi, 2 tema yg paling menggairahkan, dimuat di film ini  @kemalarsjad @ocaamarlis: About to watch @SangPenari with my beloved”

Cinta dan revolusi. Benar. Walaupun gw punya sedikit opini berbeda tentang revolusi yang dimaksud beliau. Pun begitu, gw menaruh respect terhadap semua komentar atas film ini, karena pastinya setiap mata hati akan memiliki pandangan yang bisa saja tidak mirip =)

Gw tertarik melihat bagaimana manusia dalam situsi budaya yang sudah eksis lama, dengan kepercayaan mistis, norma sumpah serapah dan paradigma seksual yang sulit diterima oleh kaum tertentu, mencoba hidup dalam kemelaratan dan mencari kebahagiaan ala mereka. Ala Dukuh Paruk. Ala masyarakat pemakan gaplek dan tempe bongkrek. Gaplek dan tempe bongkrek adalah identitas paling kuat untuk menggambarkan masa yang suram saat itu.

Penggambaran Dukuh Paruk yang mengingatkan gw pada sebuah desa kecil di Sragen, bernama Pelok Krajan. Di mana juga terdapat sebuah kuburan massal hasil pembantaian dari merahisasi era.  Efek samping film ini membuat gw ingin balik lagi menengok desa Pelok, hehehe..

Dukuh Paruk yang miskin. Yang isinya kebanyakan orang-orang yang masih polos yang bisa dengan sangat mudah dipengaruhi.

Kondisi masyarakat seperti ini menjadi sasaran empuk bagi siapa saja yang ingin memanfaatkannya. Perut yang lapar memang gampang dibeli dengan imbalan uang atau pun materi. Kehidupan ekonomi yang parah bisa menjadi lahan subur bagi penyebaran pengaruh dan ajaran-ajaran yang menjanjikan perubahan.

Bagaimana Srintil yang sangat tertarik pada kegiatan menari namun salah memahami dan menempatkan antara keinginan dan keharusan.  Tradisi Ronggeng yang menghalalkan keperawanan dihargai dengan bayaran paling tinggi dari beberapa laki-laki yang mempertaruhkan materinya pada saat menjelang ritual Bukak Kelambu.

Ah ya, kalau gw gak salah ingat, di bukunya, tokoh Srintil pada saat ritual Bukak Kelambu ini masih berumur 11 tahun. Prostitusi yang sama tuanya dengan dunia ini yang sudah harus dijalani anak sehijau itu. Dan esensi semacam ini terus mengalami evolusi di setiap waktu.

Bagaimana Rasus yang mencintai Srintil tanpa terbantahkan jaman. Tanpa mempersoalkan apa saja yang sudah dilakukan Srintil. Rasus yang tetap mencintai Srintil. Rasus yang sangat memegang komitmennya, untuk selalu membela dan menaruh hormat pada Srintil. Cinta. Cinta yang sama terhadap negeri. Negeri yang juga harus dibela. Tanpa berjuta teori tentang nasionalisme. Dengan cintanya, Rasus sanggup melawan musuh-musuhnya. Kebudayaan yang tidak masuk di akal dan yang diperangi sejak jaman nabi. Dan musuh ideology negara.

Bermodal cinta dan komitmen, Rasus menjadi manusia yang paling nyata mengalami proses revolusi dalam dirinya sendiri.  Melalui sebuah keputusan penting, Rasus mampu mengubah hidupnya.

Seorang laki-laki yang sangat tidak dipandang sebelah mata awalnya, dengan cinta, komitmen dan kerja kerasnya Rasus sanggup melewati banyak tantangan dan menjadi orang yang tidak kalah termakan budaya masa lalu karena ia memiliki sikap dan tahu benar bagaimana menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Lagi-lagi, kita memang bisa mendapatkan kekuatan lain dari sebuah film, ia bisa menjadi medium kritik bagi diri kita tanpa perlu menghadirkan abstraksi canggih, ataupun referensi kitab suci untuk kita bisa menerimanya tanpa rejection.

Sang Penari, film yang akan melompatkan pikiran kita ke dimensi masa lalu dengan keluasan rasa dan nalar, teori tentang visi – misi dan paradigma bermasyarakat serta bernegara.

Seperti gw bilang tadi, hanya ada satu pilihan film yang wajib buat ditonton saat ini. Sang Penari.

 

drama satu malam

 

menggoreskan ulir ban hitam di sepanjang jalan menuju rumah, memendarkan debu yang selalu setia dengan aspal walau ditindih sorot lampu jalanan bertubi-tubi, genap sudah langkah keletihan sejak kemarin.

hampir setengah malam.
dalam sebuah kotak berjalan rinduku memuai memenuhi ruangan tanpa celah bincang.
mencekik sampai batas ubun-ubun.
berulangkali melepas napas berharap rindu larut bersamanya.
mengasap, mengabu kemudian menghitam dan rontok ke sepanjang jalan seperti polusi yang menua di waktu yang meredup.
seperti saat ini.
kosong. cuma ada rindu.
dan setelah jarum jam menggeliat disambut jajaran lampu pijar sepanjang teras, mulai menuai gerah yang kelabu yang kutau seperti biasanya akan menghitam, kini tinggal aku.

mencoba melepas lelah di ranjang yang mimpiku pun tak lagi ada di sana.
mulai lagi menarasikan skenario masa depan dengan tinta ungu yang keluar deras dari pori-pori di ujung telunjuk, menuliskan basah kering perjalanan syahadat dan membacanya kembali setiap saat semata untuk benar-benar merasa pulang.

ketika lampu kamar benar-benar kehilangan pijar dan sebuah bentangan kain putih menutupinya dari serpihan debu yang katanya baru saja datang dari langit, aku masih tetap di sini. bersama rindu.

 

 

in smile we trust

 

Belakangan banyak hal-hal lucu berteriak di lini masa. Komodo yang mendadak jadi movie star. Gorong-gorong yang bikin gara-gara. Peluncuran album lagu yang ternyata udah edisi 4. Papua issue, yang only God knows how long bisa selesai. OUCH!!!

I dare to use the word ‘lucu’ there, because it makes me smile. Cuma senyum, hal yang paling pertama yang bisa gw sumbangin untuk negara tercinta ini. Gue warga negara Indonesia tulen, sering merasakan satu kejanggalan hidup bernegara nyaris setiap hari, dan semakin lama semakin akut.

Senyum, padahal sebenarnya menangis. Manis, padahal sebenarnya pahit. Kasihan sebagian besar bangsa ini. Rakyat mencaci maki hal yang secara esensi begitu-begitu saja dari dulu. Kasihan sebagian besar pelaku pemerintahan, selalu terjebak melakukan hal-hal yang bukan demi kemakmuran bangsa tapi kesejahteraan golongannya sendiri. Apa yang salah? Mana yang benar? Apa masih ada kebenaran?

Fatigue.

Kita semua pun menjadi imun. Karena hal yang sama terulang terus menerus dan kini seolah menjadi sesuatu yang biasa. Biasa kok.. Biasanya emang gini.. Biasa laaaah, kayak gak tau aja.. Biasa aja dooong.. Biasa. Terbiasa. Sehingga banyak hal terpulang maklum pada diri sendiri. Bahkan mungkin ibu pertiwi pun ikut memaklumi.

Harap maklum, mohon maaf yaaa… gue cuma bisa tersenyum. Miris. Terhadap bangsa ini. Terhadap diri gue.

 

 

Comment Ratings plugin provided by mondo-casinos.fr