Monthly Archives: October 2011

irreplaceable – beyonce

heard this song three times today on three different radio freq, should remark this on my blog.

Tea time. Oca time?

Ada becandaan basi’ yang sering sampai ke telinga gw. ‘Ca, gw lagi di resto jepang, nama lo sering banget nih disebut-sebut orang di sini..’ Hehehee, dan itu sumpah basi’ banget! Eniweeeey, budaya minum teh di negara kita emang tidak seribet minum teh ala orang Inggris, China atau Jepang, tapi yang namanya minuman teh sering jadi pilihan kalau kita di rumah, di kantor atau di tempat makan mana pun.

Gw pribadi gak terlalu suka minuman teh dalam kemasan, bikin eneq, lebih doyan yang dibuat fresh atau diseduh. Teh itu buat gw lebih enak daripada kopi. Selain lebih enak, teh juga punya banyak banget manfaat. Mayoritas teh mengandung antioksidan dan beberapa zat yang bikin kita merasa rileks.

Ada beberapa teh yang sering gw konsumsi.

Teh hijau. Siapa yang gak tau tentang teh hijau ini yaa? Kalau ada yang gak tau, sungguh ter la lu! :p   teh ini dalam pembuatannya mengalami sedikit proses oksidasi, sehingga cukup baik buat para dieters dan temen gw jaman dulu, Tia Ivanka, pernah bilang kalau teh ini adalah wonder drug. Hehehe, secara dia maniak diet. Tau gak, dengan berkumur teh hijau aja bisa meningkatkan kekebalan terhadap bakteri dan virus. Tapi gw pernah dikasi tau sama dokter, kalau lagi dalam masa pengobatan/harus rutin minum obat, dilarang minum teh hijau karena teh ini menghambat peresapan obat oleh tubuh.

Gw juga suka teh chamomile karena efek yang ditimbulkan sangat bikin kita santai, rileks, tenang. Apalagi kalau lagi flu, gw sih sangat menganjurkan minum teh ini, bisa mempercepat penyembuhan dan kalau minum 2 jam sebelum waktu tidur bisa bikin tidur kita lebih nyenyak. You should try.

Kalau lagi ada di resto China, gw pasti pesen teh oolong. Awalnya gw sempet berpikir namanya kinda cute, oolong… hihihii, lucu. Tapi ternyata begitu tau artinya sama bentuk daun teh nya kayak apa, voilaaaaa… langsung deh gw rombak image oolong tea di kepala gw. Dalam bahasa China, artinya adalah naga hitam. Bentuk daunnya emang kayak naga hitam yang terus disiram air panas langsung meliuk-liuk gitu. And that’s not cute but cool! Nah, kalau pesen teh oolong, gw saranin jangan dicampur pakai gula, jeruk nipis atau susu supaya rasa dan khasiatnya tetap terjaga.

Ada satu teh lagi yang gw suka, yaitu teh hitam. Cukup pahit, makanya harus dicampur pakai gula. Paling enak dikasi perasan jeruk atau dibubuhin vanilla sedikit biar lebih harum uapnya, hehehee.. Teh hitam bagus buat memperlambat proses penuaan sama menjaga resiko terkena kanker.

Udah sih, gw sukanya 4 jenis teh itu aja. Now, am gonna have my me time. Oca time. A tea time. Maybe one day we should have a tea session together, friend. Just drop me a message.

 

GOOD NIGHT, SLEEP TIGHT

Sebenernya ngalamin jam tidur yang kurang dari 7 atau 9 jam sebanyak satu dua hari sih is not an issue at all. Tapiiiii, kalau kita sampai ngalamin hampir selama berminggu-minggu atau malah berbulan-bulan, katanya kondisi ini bakal berdampak jelek.

Lack of sleep menurut beberapa pakar kesehatan bisa memicu penyakit serius. Kurang tidur bikin kita selalu ngerasa ngantuk pastinyaaaa, imun tubuh melemah alias gak fit, rentan diabetes karena yang namanya proses mencerna gula di tubuh kita itu biasanya pada saat kita tidur, jadi kalau tidur aja kurang bisa kebayang kaaan gula yang terproses juga ikut kurang maksimal, belum lagi resiko kanker dan jantung. Pokoknya menurut ilmu kedokteran, bermasalah sama tidur dalam jangka panjang pasti akan bermasalah di kesehatan. Orang kurang tidur katanya juga bakal terlihat lebih tua. Ehm, ambil kaca dulu yaaa, hihihiii…

Trus gimana dong cara biar bisa tidur cepet?

Mau versi gue atau mau versi para ahli dunia tidur?

Kalau kata ahlinya, kita harus rajin olahraga teratur. Usahain tidur dan bangun tepat waktu di jam yang sama tiap hari. Jangan makan makanan berat di tengah malam (walaaaah, pantesan! ni gw sambil makan nasi goreng,,). Jangan nonton TV di tempat tidur. Suhu kamar dibikin nyaman, Minum susu hangat. Dan lain sebagainya. Dan lain sebagainya.

Kalau kata gue… ehm, sekali lagi kata gue loh yaaa! Create your playlist yang easy listening, jangan yang metal 😀 pasang aromaterapi lavender atau vanilla.. terus matiin lampu, terus jangan mikir apa-apa. Kosongin pikiran dari semua urusan. Singkirin emosi. Lupain muka semua orang. Semua orang yaaaa… mau itu orang yang lo sayangin atau musuh-musuh lo, lupain deh.. we should go to bed feeling calm and chilled. Yang susah tidur biasanya orangnya gak biasa sabar, selalu ada banyak keinginan di kepalanya. Terus ya udah, merem ajah. Nanti juga ketiduran sendiri. Intinya mau tidur itu gak perlu pakai mikir. Kalau yang senang sama matematika, yaaa silahkan mulai berhitung satu sampai seratus. Biasanya bisa ketiduran juga sih katanya, kalau gue males ngitung!

Malam ini ada beberapa playlist yang jadi teman tidur gue yang bakal gue share.

she [elvis costello] – the way you look tonight [tony bennett & faith hill] – tres palabras [charlie haden] – all out of love [keira green] – just like heaven [katie melua] – hanya padamu [ten2five] – separated [usher] – mandy [westlife] – fragile [sting] – all would envy [chris botti] – lirih [chrisye] – rise and fall [craig david]

Dan playlist itu gue repeat. Sampai pagi 🙂

Selamat tidur.

Hitam Putih. Hidup Mati.

Lahir. Ada. Hidup. Mati.

Kenapa kita bisa ada? Karena kita dilahirkan dari hasil pembuahan orang tua kita. Itu jawaban ala pelajaran biologi jaman SMP. Tapi memang benar, kita semua adalah hasil pembuahan. Buah yang terus tumbuh. Buah yang diharapkan menjadi buah yang manis.

Kenapa kita bisa ada? Apa yang sebenarnya ada? Tubuh kita? Nama kita? Jiwa kita? Jiwa?? Atau nyawa?

Tubuh yang bernyawa. Atau nyawa yang bertubuh.

Saya tidak ingin berdebat di arena pikiran saya sendiri antara tubuh dan jiwa. Capek, sudah malam. Intinya, tubuh pastilah sesuatu yang berbeda dengan jiwa. Tubuh, seperti benda lainnya di dunia ini, terdiri dari partikel yang bergerak dan terus tumbuh atau bahkan aus. Jiwa, menurut saya esensinya adalah kesadaran, keberadaannya tidak bergantung pada ruang dan waktu.

Untuk hidup, kita butuh tubuh dan jiwa. Dan secara hakikat, yang membedakan antara manusia hidup dan hewan atau tumbuhan hidup adalah pada akal. Animale rationale, itulah kita. Manusia.

Sebagai manusia yang berakal, pasti kita juga berkehendak. Punya keinginan. Kadang keinginan itu sangaaaat terlalu besar. Tidak pernah terselesaikan. Bahkan sampai keluar statement: “aku ingin hidup seribu tahun lagi” dan betapa itu berarti kita sangat ingin memuaskan keinginan, kalau bisa sampai menunda waktu ketiadaan kita sampai seribu tahun cahaya. Walah!

Ada. Tiada.

Untuk apa ada kalau pasti akan tiada?

Wah, bakal 7 hari 7 malam hanya membahas jawaban antara ada dan tiada ini. Hehehe.. Mungkin lain waktu saya akan tuliskan pikiran saya menjawab untuk apanya tadi.

Tiada. Tidak ada. Bukan hilang. Karena kalau hilang, artinya masih ada, hanya ngumpet entah di mana. Tiada sama dengan mati. Titik. Bukan koma. Finish. Selesai. Tamat.

Mati. Identik dengan gelap. Seperti sering kita bilang, mati lampu. Gelap toh? Atau mati mesinnya, artinya sudah tidak ada lagi hal yang mampu memberikan daya gerak, tidak lagi punya purpose. Beda yaaaa, sama mati gaya. Jangan disamain!

Mati, putus koneksi. Putus hubungan antara tubuh dan jiwa. Atau nyawa. Itu sebuah peristiwa yang ‘biasa’ dan sering kita tidak biasa menyikapinya. Ya iyalaaah, kalau orang hidup kan biasa kita lihat sehari-hari, coba kalau kematian? gak biasa kaaan kita lihat orang mati. Orang mati yang benar-benar kita ingin lihat berlama-lama adalah pasti orang yang kita kasihi selama dia hidup.

Ok, balik lagi, kalau kata Steve Jobs, life is brief, and then you die, you know?

Jadi percuma dong, kalau kita hidup terus pasti bakal mati, mending gak usah hidup. Lah, memangnya kita bisa request untuk dilahirkan atau tidak? Mungkin itu adalah satu dari dua hal yang tidak bisa kita ‘touch’, ada diluar kehendak kita pribadi.  Itu purely 100% kehendak Tuhan. Hal kedua adalah kematian. Kita tidak pernah tahu sesungguhnya kapan kita akan mati. Bisa aja siiiih ngatur sendiri, kalau mau mati berbarengan tanggal dan hari dengan Steve Jobs, go ahead just kill yourself tonight, hehehee… Tapi apa enaknya mati karena kehendak sendiri? Sumpah deh, saya aja yang ngebayangin jadi penontonnya bisa ngrasain sakitnya, gimana yang melakukannya yaaa..

Life is brief, and then you die. Itu kata Steve Jobs. Sepertinya Steve Jobs membaca Qur’an dengan seksama daripada kita-kita yang muslim ini deh, hehehe.. Lho kok gitu? Iyyaaaa… sepemahaman saya, hidup itu seperti brief, assignment, ada tugas mulia yang sebenarnya ditimpakan pada kita semua. Kita harus bisa belajar dari kehidupan kita sendiri, pada akhirnya untuk kita mengenal diri kita dan bisa memberi manfaat bagi orang di sekeliling kita. Supaya kita bisa menjadi imam, atas diri kita dahulu. baru kemudian bagi orang lain. Imam. Pemimpin. The one who taking the control. The one who decide. Leader. Atas di ri ki ta sen di ri.

We don’t get a chance to do that many things, and everyone should be really excellent. Because this is our life.

I want to put a ding in the universe.

Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life. Don’t be trapped by dogma — which is living with the results of other people’s thinking. Don’t let the noise of others’ opinions drown out your own inner voice. And most important, have the courage to follow your heart and intuition. They somehow already know what you truly want to become. Everything else is secondary.

Many more statements, many words from Steve Jobs yang bisa dijadikan cermin bahwa demikianlah nilai-nilai yang harus kita jalani dalam batasan antara kelahiran dan kematian.
Jangan sampai matinya kita hanya menyisakan hitam dan kuning saja. Berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Siapa tahu menghadapi kematian itu nantinya bisa seperti melihat bianglala. Siapa tahu.

 

Fit and Finish – Steve Jobs

Job’s point is ‘have a faith’ for yourself.

RIP

dreamland

 

 

entering the dream

entering a new dream..

winter wonderland

white

grey

with a red heart inside

walking slowly

into the deep

very deep

a new dream

 

 

Comment Ratings plugin provided by mondo-casinos.fr